Minggu, 05 Februari 2012

laporan training di hotel harrads sanur

LAPORAN
ON THE JOB TRAINING
DI HOTEL HARRADS
RESORT AND SPA F&B PRODUCT DEPARTEMENT








            Nama             :  Kadek Eka Arianti
            No Absen      :
Kelas             : XII IPB


SMA PARIWISATA SARASWATI
KLUNGKUNG
TAHUN AJARAN 2011 / 2012

KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa , karena atasa berkat dan rahmat asung kerta wara nugrahanya penulis dapat menyelesaikan laporan masa pelatihan praktek kerja ( Training ) selama tiga bulan terhitung dari tanggal 1 juni sampai 31 agustus 2011. Dalam penulisan laporan ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.Drs. I Gusti Made Suberata, M.Ag , selaku kepala sekolah SMA Pariwisata Klungkung
2. I Dw.Ketut Ngurah Susila , selaku pengelola dan penempatan On The Job Training dan sebagai guru pariwisata F & B Service
3. Drs. I Wayan Pugra selaku Guru Pariwisata F & B Product
4. I Nengah Merta Yasa selaku Guru Pariwisata Room Devision dan Pengelola
5. Estu Prasetya selaku Executive Chef yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada penulis
6. Para senior Food & Beverage Product Departement kususnya yang banyak membantu penulis dalam pembuatan laporan
7. Bapak / Ibu Guru yang tidak penulis dapat sebutkan satu persatu yang ikut membantu penulis dalam pembuatan laporan.
Dalam penyusunan laporan praktek kerja industry , penulis menyadari bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan . maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun sehingga sehingga dapat memperbaiki dan menyempurnakan laporan .
Semoga laporan ini berguna dan bermamfaat bagi penulis maupun pihak yang membacanya.
Semarapura, 06 September 2011
Penulis

Kadek Eka Arianti
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………..i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………….ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang………………………………………………………………………………..1
1.2  Tujuan dan Mamfaat………………………………………………………………………….2
BAB II LANDASAN KERJA
2.1 Definisi Pariwisata……………………………………………………………………………3
2.2 Sejarah Berdirinya Hotel……………………………………………………………………..3
2.3 Sruktur Organisasi Hotel……………………………………………………………………..4
2.4 Fasilitas dan Layanan Hotel………………………………………………………………….5
2.5 Jenis Klasifikasi Hotel………………………………………………………………………..5
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Penertian dan Fungsi Tata Boga……………………………………………………………..6
3.2 Organisasi tata boga dan  deskripsi jabatan………………………………………………….6
3.3 Jenis Kitchen…………………………………………………………………………………7
3.4 Jumblah karyawan dan jumblah kerja ( shif )…… .…………………………………………8
3.5 Pengalaman selama training………………………………………………………………….9
3.6 Kajian kerja dan kendala yang dihadapi…………………………………………………….10
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan………………………………………………………………………………….11
4.5 Saran ………………………………………………………………………………………..12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang

Hotel merupakan suatu bentuk usaha yang bergerak dibidang jasa yaitu untuk menyediakan akomodasi makanan dan minuman bagi para pengunjung. Dalam suatu hotel terdapat department- department yang mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda.
            Adapun department yang ada dalam hotel antara lain  seperti : Housekeeping, Front Office, Food and Beverage Service / Product.  Food and Beverage Departement adalah department yang memberikan pelayanan didalam menyediakan makanan dan minuman.
            Seperti yang kita ketahui bahwa sector kepariwisataan merupakan salah satu sector penghasil devisa Negara yang sangat tinggi. Peningkatan yang cukup tinggi tersebut mempengaruhi akan pertumbuhan pariwisata.
            Menghadapi hal tersebut Sekolah SMA Pariwisata klungkung , sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata berusaha menyiapkan anak didik untuk siap magang di dunia kerja.


1.2  Tujuan On The Job Training :
-          Untuk menambah wawasan tentang dunia industry pariwisata
-          Agar siswa menjadi lebih active, creative dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diberikan.
-          Melatih mental dan fisik siswa dalam menumbuhkan kepercayaan diri.
-          Untuk menambah pengalaman sebagai bekal untuk siap kerja dikemudian hari.
-          Untuk membandingkan dan menyeimbangkan antara teori dan praktek di seolah dengan di industry.
-          Untuk memenuhi persyaratan Ujian Akhir Pariwisata di SMA Pariwisata Klungkung.


1.3  Mamfaat On The Job Training :
-          Penulis dapat mempraktekkan secara langsung materi dan teori yang didapat disekolah.
-          Dapat mengetahui perbedaan dan hubungan antara teori di sekolah dengan teori sekaligus praktis in The Job Training ini.
-          Menambah pengalaman dan pengetahuan didunia kerja.


























BAB II
LANDASAN KERJA

2.1 Definisi Pariwisata
            Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan engan wisata termasuk pengusahan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha terkait di bidang tersebut.

2.2 Sejarah Berdirinya Hotel
            Berawal dari keinginan Bapak Gede Anom Santika sebagai owner sekaligus direktur dari PT. Embrio ,untuk ikut memajukan pariwisata di Bali dengan membangun Hotel , Spa , dan club / Discotheque , dijalan By Pass Ngurah Rai no .888 Sanur , yang rencana awalnya akan dinamai Hotel Embrio , namun dalam perjalanan diubah namanya menjadi Hotel Genesis yang resmi beroprasi mulai  tanggal 12 september 2008 yang memiliki 76 kamar dengan fasilitas Spa , Restaurant, Lounge dan Caffe ( Blue eyes ).
            Pada tanggal 16 juli 2009 PT. Embrio termasuk Hotel Genesis diambil alih oleh PT.Aldira berkah abadi makmur yang beralamat dijalan Radio Dalam Raya , no 5-7 jakarta selatan 12140 dan dipimpin oeleh Bapak Rudy Hartono Iskandar yang sebagai Dirut sekaligus pemilik dan pada tanggal 1 januari 2010 secara resmi diubah namanya menjadi Hotel Harrads Resort & Spa.

2.3 . Fasilitas Hotel
1. 76 kamar yang terdiri dari :
            *71 kamar superior
            * 5 kamar suite
            * 9 connecting room
2. Kamaratih Restaurant
3 Amanda Bar
4. Jempiring Spa ( Jacuzzi dan sauna )
5. Orange Meeting
6. Pool
7. Laundry Dan Dry Clean
8. Hot Spot ( Lounge, Restaurant, Suite Room )

2.4 Jenis Klasifikasi Hotel
             Hotel Harrads Resort and Spa adalah jenis hotel yang berbintang empat (4) yang berada di denpasar  Selatan tepatnya di daerah Sanur dijalan By Pass Ngurah Rai No.888.












BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian dan Fungsi Tata Boga
-          Pengertian Tata Boga
Tata Boga adalah suatu tempat dimana tempat tersebut memproses atau mengolah bahan makanan yang mentah menjadi makanan yang siap saji maupun mengolah bahan makanan yang sudah jadi.

-          Fungsi Tata Boga
Tata Boga berfungsi sebagai tempat yang memproses bahan mentah menjadi bahan jadi ataupun makanan siap yang saji.

3.2  Organisasi Tata Boga dan Diskripsi jabatan
* Organisasi Tata BogaRounded Rectangle: Exc Chef









*Deskripsi Jabatan
                    * Exc Cheff tugas dan tanggung jawabnya adalah memegang peranan penting dalam opperasional Kitchen baik meliputi administratife dan operasional di dalam organisasi kitchen. Dan memberikan instruksi dan pengarahan kepada semua bawahanya dalam hal yang berhubungan dengan jalanya proses operasional dalam kitchen.
                     *CDP ( Chef De Partie ) tugas dan wewenang srta tanggung jawabnya adalah membantu seorang Exc. Chef dalam menjalan proses operasional Kitchen.
                     *Cook tugas dan tanggung jawabnya adalah menjalankan instruksi yang diberikan oleh Exc., Cheff atau CDP dan juga melakukan tugas pengecekan segala preparation baik menu-menu yang akan dijual dan sebagainya dan juga sebagai juru masak dan menyiapkan bahan sebagai operational.
                      *Cook Helper , tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan preparation apa saja yang dilakukan kitchen dalam hal menyankut operational dan menyiapkan makanan yang dipesan oleh tamu.
                      * Steward , tugas dan tanggung jawabnya adalah menjaga kebersihan di areal kitchen dan menyiapkan barang-barang yang diperlukan.

Rounded Rectangle: Kitchen

*Jenis Kitchen
Kitchen
 


                                                                                                                                  

D. Jumblah Karyawan dan jadwal kerja ( Shif )
- Jumblah Karyawan :
* 16 orang karyawan tetap
* 9 orang Training
* Tidak ada daily ( Dayly Worker )

-Jadwal Kerja ( Shif )
* Shif Morning ( 07.00 am -15.00 pm )
*Shif Afternoon ( 12.00 am- 20.00 pm )
* Shif Evening ( 15.00 pm – 23.00 pm)
* Shif Night     ( 23.00 – 07 .00 am )

E . Pengalaman Selama Training
Selama penulis melakukan praktek kerja industry di hotel HARRADS Resort and Spa, penulis banyak sekali mendapatkan pengalaman yang didapat seperti :
           A. Lebih mengenal peraturan-peraturan atau tata tertib di hotel
           B. Lebih mengenal peralatan –peralatan yang digunakan pada saat beroperasional
           C. Mengetahui bagaimana memasak dalam pemrosesan makanan yang mentah menjadi    makanan yang siap saji dengan benar
           D.Adanya pengetahuan tambahan diluar teori yang didapat disekolah .
           E. Mengetahui berbagai jenis-jenis masakan dari dalam negeri dan dari luar negeri.

            F.Kajian Kerja dan Kendala yang dihadapi
                   - Kajian Kerja
            Selama pelaksanaan praktek industry penulis menemukan beberapa perbedaan antara teori disekolah dengan praktek dilapangan/ training seperti :
            1. Praktek disekolah lebih ketat , sedangkan ditempat training lebih simple
            2. Fasilitas ditempat training lebih lengkap dari pada disekolah
            3. Praktek disekolah untuk memasak lebih sederhana sedangkan ditempat training lebih compexitas sehingga agak susah
            4. Dari segi persedian materi/ bahan-bahannya disekolah kurang lengkap tetapi kalau ditempat training lebih lengkap sesuai jenis masakan.

                  - Kendala yang dihadapi.
            Adapun kendala yang dihadapi yang dihadapi penulis ketika melakukan training di HOTEL HARRADs Resort and Spa seperti :
            1.Peralat5an yang minim sehingga pada saat fullbooking pelayanan yang diberikan kurang maksimal terhadap tamu tersebut.
            2. Kurangnya tenaga kerja / karyawan menyebabkan pelayanan yang diberikan kepada tamu juga kurang memuaskan
            3. Kurangnya persedian dan persiapan kuantitas bahan –bahan makanan yang diperlukan untuk memproses makanan yang dipesan oleh tamu.









BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
                     SMA Pariwisata Saraswati Klungkung adalah sekolah plus pariwisata yang setiap tahunnya mengadakan kegiatan On The Job Training selama tiga bulan sehingga dapat membedakan mengkorelasikan antara teori dan praktek disekolah dengan di lapangan ataiu dunia kerja yang akan dapat menumbuhkan jiwa kemandirian .dari segi fasilitas yang adapun cukup berbeda antara disekolah dengan didunia kerja. Kegiatan On The Job Training ini menurut saya sangat bermamfaat sekalai sebagai bekal dikemudian hari.

            4.2  Saran
                       Saran yang dapat saya sampaikan  kususnya kepada pihak sekolah  yang bertanggung jawab untuk mendidik dan menyiapkan anak didik antara lain :
            - Sekolah sebagai pihak yang mempersiapkan para siswa mengikuti On The Job Training agar lebih meningkatkan fasilitasnya.
            - sebaiknya waktu untuk parktek disekolah lebih diperpanjang sehingga lebih mendalam proses pembelajarannya.
            - Kedisiplinan siswa perlu ditingkatkan ketika praktik.
            - Waktu untuk On The Job Training di dunia kerja lebih ditambah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar